Mengapa Harus Memilih Sekolah di Madrasah
“Mengapa
Harus Memilih Sekolah di Madrasah?. Jadi tulisan ini tidak ada
niat untuk mendiskreditkan sekolah-sekolah yang basic-nya sekolah umum semisal
SMP/SMA Negeri atau SMP/SMA Swasta tapi ini hanya sekedar memberikan gambaran
dari perspektif pendidikan pada madrasah baik tingkat Tsanawiyah maupun Aliyah.
Jika kita perhatikan, sebenarnya antara sekolah madrasah (agama)
seperti MI/MTs/MA tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan
sekolah-sekolah umum mengingat semua sekolah memiliki tujuan yang sama yaitu
untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Namun meskipun demikian, tetap saja pasti ada hal-hal yang hanya
bisa kita dapatkan di sekolah agama tapi tidak akan kita dapatkan di sekolah
umum. Demikianpun sebaliknya.
1. Madrasah tumbuh dan berkembang dari oleh dan
untuk rakyat (masyarakat) berbeda dengan sistem pendidikan sekolah biasa atau
community-based education. Dalam sejarahnya madrasah memiliki akar yang kuat
untuk perjuangan bangsa dan memberantas kebodohan.
2. Madrasah mengacu pada dua kurikulum, yaitu Dinas
Pendidikan dan Kementerian Agama. Ini berbeda dengan sekolah UMUM dimana hanya
menerapkan kurikulum Diknas. Dengan mengacu pada dua kurikulum
tersebut, siswa di madrasah tak hanya mendapatkan pengetahuan melalui kurikulum
Diknas. Siswa juga mendapatkan pendidikan agama Islam yang lebih mendalam.
3. Madrasah tidak lagi dianggap sebagai pelengkap
sistem pendidikan nasional, melainkan madrasah semakin menorehkan prestasi
tidak hanya di bidang tafaqquh fi al din, akan tetapi juga dibidang-bidang
lainnya, seperti riset ilmiah, vokasional, kewirausahaan, lingkungan
(adiwiyata), dan sebagainya.
4. Madrasah tidak hanya mencetak kader intelektual
yang profesional dan pintar saja, melainkan juga kader muslim yang
berintegritas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Profesionalitas tanpa
integritas akan membawa kerugian dan kehancuran. Sebaliknya integritas tanpa
profesionalitas, akan menyebabkan kita jalan di tempat di tengah dunia yang
kompetitif.
5. Pendidikan madrasah menyentuh empat dimensi
pendidikan, yakni dimensi pikir (kognisi), dimensi hati (spiritual), dimensi
rasa (estetika), dan dimensi raga (fisik).
6. Mencetak anak yang memiliki pandangan keagamaan
yang rahmatan lil 'alamin dan menghargai kearifan lokal.
7. Memiliki Lingkup Pergaulan Yang Lebih Islami,
anak memiliki pergaulan dan akhlak yang baik sesuai aturan agama. Madrasah akan
membantu mendidik anak memiliki akhlak yang sesuai tuntunan Al-qur’an dan
sunnah Rasul.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar